Minggu , Juli 27 2014
Berita Populer
You are here: Home / Berita / 17 Desa Dapat bantuan P4-ISDA-IK

17 Desa Dapat bantuan P4-ISDA-IK

POLEWALI — 17 desa yang tersebar pada tujuh kecamatan di Polewali Mandar mendapatkan bantuan dari Kementrian PU yakni Program Percepatan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK). P4-ISDA-IK adalah salah satu program dari Kementrian PU yang bertujuan agar terlaksana pemberdayaan dan partisipasi masyarakat tani dalam kegiatan rehabilitasi irigasi kecil, serta terlaksananya rehabilitasi terhadap kondisi dan fungsi prasarana irigasi kecil.
Hal tersebut disampaikan perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang dalam Sosialiasi yang berlangsung di Aula Dinas PU Polman, Senin, 7 Oktober. Disampaikan, sosialisasi tersebut secara serentak dilakukan untuk 4000 lebih desa penerima di Indonesia. Khusus untuk Polman, sebanyak 17 desa yang akan mendapatkan program tersebut. Setiap desa akan mendapatkan dana sebesar Rp120 juta, yang terdiri dari Rp117.500.000 untuk kegiatan fisik, dan Rp2.500.000 untuk kegiatan persiapan (Musyawarah, Survey, Penyusunan Proposal, Laporan KPM dan dokumentasi). Dalam pelaksanaan program tersebut akan ada tim dari balai yang akan mendampingi para kelompok penerima manfaat (KPM).
Untuk pelaksanaan program tersebut diharapkan sesegera mungkin bisa dilaksanakan karena twrhitung siswa waktu tiga bulan yang optimal bisa dilakukan dalam penyelesaian program tersebut.
Bupati Polman, Ali  Baal Masdar dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya program tersebut diharapkan pengairan berlangsung secara optimal. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian di sekitar kita sekaligus bertujuan sebagai program pemberdayaan di masyarakat.
“Untuk itulah, diharapkan kepada kelompok penerima manfaat betul-betul memanfatkan bantuan tersebut tepart sasaran sesuai dengan peruntukannya,”tandas Ali Baal Masdar.
Penerima manfaat adalah kelompok tani yang tergabung dalam Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A)/induk perkumpulan petani pemakai air (IP3A) yang telah berbadan hukum.
Beberapa jenis kegiatan yang diutamakan untuk program tersebut antara lain penegerukan sedimen (tanpa menggunakan alat berat pasa saluran pembawa dan pembuang, perbaikan lining sederhana, perbaikan tanggul pada saluran pembawa dan saluran pembuang, bangunan irigasi, bangunan pelengkap (gorong-gorong, bangunan terjun, jembatan layanan, tangga cuci, tempat mandi hewan). (humas) (489) Pembaca

About Dian Afrianty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

In an effort to prevent automatic filling, you should perform a task displayed below.


Scroll To Top
shared on wplocker.com