Kamis , April 24 2014
Berita Populer
You are here: Home / Berita / Reformasi Birokrasi Pemda Dicanangkan
Reformasi Birokrasi Pemda Dicanangkan

Reformasi Birokrasi Pemda Dicanangkan

POLEWALI  — Polewali Mandar menjadi salah satu kabupaten/kota dari 98 pemda yang ditetapkan di Indonesia sebagai pilto project reformasi birokrasi. Penetapan Pilot Project bagi pemda tersebut dicanangkan oleh Wapres Boediono di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa, 28 Mei, serta dihadiri oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia bersatu lainnya.
Asisten Pemkesra Pemkab Polman, Amujib, Selasa, 28 Mei yang ikut menghadiri acara pencanangan tersebut menyampaikan, dalam Keputusan Menteri PANRB No. 96/2013 tentang Penetapan Pilot Project bagi Pemda. Jumlah itu terdiri dari 33 pemerintah provinsi, 32 ibukota provinsi (30 kota dan 2 kabupaten), serta 35 kabupaten. Untuk Sulbar, Polman ditetapkan sebagai salah satu kabupaten yang ditetapkan, sementara Mamuju mewakili untuk Ibu Kota Provinsi Sulbar.
“Dengan adanya pencanangan  reformasi birokrasi tersebut, diharapkan di lingkungan pemerintah daerah  semakin bergairah, dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih, kompeten, dan melayani,”kata Amujib.
Sesuai yang dilansir dalam website Menpan RB, Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto mengatakan, penetapan pilot project reformasi birokrasi pemda bukan satu-satunya jalan bagi pemda untuk melaksanakan reformasi birokrasi. Bagi pemda yang pimpinannya memiliki komitmen tinggi, dan sudah memenuhi persyaratan seperti ditetapkan dalam Peraturan Menteri PANRB No. 30/2012 tentang Pedoman Pengusulan, Penetapan, dan Pembinaan Reformasi Birokrasi pada Pemerintah Daerah, pintu terbuka bagi mereka untuk mengajukan dokumen usulan ke Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN).
“Penetapan kabupaten menjadi pilot project diawali dengan pengusulan oleh Pemerintah Provinsi kepada Menteri PANRB, dengan beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Terbentuknya Tim Reformasi Birokrasi merupakan prasyarat mutlak yang harus dipenuhi. Selain itu, pemda juga harus menyediakan anggaran yang cukup untuk pelaksanaan reformasi birokrasi. “Anggaran itu dialokasikan dari optimalisasi anggaran yang ada. Jadi pemda harus mampu melakukan efisiensi anggaran belanjanya,” ujar Tasdik Kinanto.
Syarat lain, pemda harus minimal meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari BPK, nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) minimal CC, serta indeks kepuasan masyarakat (IKM) rata-rata baik.
Setelah ditetapkan sebagai pilot project, 98 pemda dimaksud harus menyampaikan dokumen usulan dan rancangan road map kepada Tim Reformasi Birokrasi Nasional (TRBN) melalui UPRBN. Selanjutnya pemda harus menetapkan road map dengan Peraturan Gubernur, Peraturan Bupati, atau Peraturan Walikota. Roadmap dimaksud harus dibangun sesuai dengan tantangan, karakteristik, kondisi masing-masing pemerintah daerah masing-masing.
Dalam pertemuan penyusunan road map reformasi birokrasi 2013-2014 yang berlangsung di ruang pertemuan Sekkab Polman beberapa waktu lalu, Sekkab Polman, Andi Ismail menyampaikan,  bahwa kondisi birokrasi Polman saat ini, untuk beban kerja yang ada di belum seimbang dengan jenjang eselon yang ada. Disebutkan,  jika dilihat dari aspek kelembagaan, kondisi birokrasi di Polewali Mandar saat ini, jumlah formasi jabatan mencapai 963 yang tersebar pada 45 SKPD. 963 jabatan tersebut terdiri dari eselon II.a hanya satu orang, eselon II. sebanyak 32 orang, eselon III.a sebanyak 61 orang,  eselon III.b sebanyak 98 orang, eselon IV.a sebanyak 536, eselon IV. b sebanyak 235 orang. Untuk pemenuhan tunjangan dari formasi tersebut, alokasi anggaran tunjangan yang harus dipersiapkan mencapai kurang lebih Rp7,9 miliar per tahun. (humas) (259) Pembaca

About Dian Afrianty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

In an effort to prevent automatic filling, you should perform a task displayed below.


Scroll To Top
shared on wplocker.com