Minggu , Desember 21 2014
Berita Populer
You are here: Home / Berita / Empat Kecamatan Terapkan PATEN
Empat Kecamatan Terapkan PATEN

Empat Kecamatan Terapkan PATEN

POLEWALI — Langkah maju dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat ditunjukkan oleh Polewali Mandar. Pada Kamis, 25 April, di ruang Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Bupati Polewali Mandar melakukan launching pada empat kecamatan terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Empat kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Polewali, Wonomulyo, Campalagian dan Tinambung. Penerapan PATEN di kabupaten Polman merupakan kabupaten ke-22 dari 497 kabupaten di Indonesia.

PATEN merupakan salah satu inovasi pelayanan dengan megoptimalkan fungsi kecamatan sebagai simpul pelayanan yang mendukung efektifitas penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, sehingga diharapkan akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Asisten Pemkesra Polewali Mandar, Amujib pada launching penerapan PATEN di ruang Pola Kantor Bupati Polman, Kamis, 25 April. Pada kesempatan tersebut, Ia menyampaikan, penerapan PATEN pada empat kecamatan bertujuan untuk mengoptimalkan implementasi pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas implementasi prinsip-orinsip akuntabilitas kinerja dan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkup Pemkab Polman. Pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camatat melalui Perbup Nomor 40 tahun 2012.
Disebutkan, dalam penerapan PATEN tersebut, ada beberapa mekanisme dan alur pelayanan adminsitrasi terpadu kecamatan antara lain, tempat/piket informasi, loket/meja pendaftaran, pengelolan data dan loket penyerahan dokumen/pembayaran.
“Khusus pada loket dokuemn/pembayaran, dokumen yang telah ditandatangani camat, kemudian diserahkan kepada warga. Apabila dokumen yang dimaksud memerlukan biaya/tarif pelayanan maka warga membayar sesuai dengan tarif yang telah ditentukan,”kata Amujib.
Bupati Polman, Ali Baal Masdar pada kesempatan tersebut menyampaikan kepada seluruh masyarakat melalui teleconferencenya pada empat kecamatan mengimbau jika ada permaslahan sebaiknya langsung disampaikan kepada aparat setempat ataupun kepada pemerintah kabupaten.
“Dengan adanya pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat diharapkan bisa dioptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Agar pelayanan bisa optimal di kecamatan jika ingin menyelengarakan kegiatan, pelaksanaan harus dikomunikasikan jadwalnya ke kabupaten sehingga pelayanan pada msyarakat tetap bisa berjalan,”tandas Ali Baal Masdar.
Melalui teleconference tersebut, Bupati Polman Ali Baal Masdar juga meminta kepada masyarakat agar mendukung program-program pemerintah mewujudkan visi dan misi pemerintah.
Dalam launching tersebut juga hadir Wabup Polman Najamuddin Ibrahim, Ketua DPRD Polman Abdullah Tato, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekkab Polman, Andi Ismail serta para pejabat eselon II, III, IV lainnya.
(humas) (475) Pembaca

About Dian Afrianty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

In an effort to prevent automatic filling, you should perform a task displayed below.


Scroll To Top
shared on wplocker.com